PROPOSAL KERJA PRAKTEK

PROPOSAL KERJA PRAKTEK
PENGARUH PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP HASIL PRODUKSI PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK.



Disusun Oleh:
AFIF FADILLAH
30413287




JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2016


BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Kemajuan sebuah negara dipengaruhi oleh perkembangan perekonomian dan pembangunan dari suatu negara. Dengan banyaknya pembangunan, semakin banyak pula permintaan akan semen sebagai salah satu bahan material yang diperlukan untuk pembangunan. Akibat dari banyaknya permintaan pasar akan kebutuhan semen, maka semakin ketat pula persaingan sesama pelaku industri yang sama.
Ketatnya persaingan perusahaan dituntut untuk lebih efektif dan efisien guna menyediakan stock barang agar dapat memenuhi semua permintaan dan kebutuhan konsumen tepat waktu. Sehingga konsumen puas dengan semua pelayanan yang telah diberikan perusahaan.
Perusahaan membutuhkan suatu metode untuk mengatur masalah persediaan produksi barang mereka, agar dapat mengantisipasi fluktuasi yang terjadi pada demand. Metode tersebut ialah metode tingkat produksi rata-rata yang dapat mengatur produksi berdasarkan tingkat persediaan rata-rata. Jika perusahaan tidak menggunakan metode tersebut, akan sangat sulit untuk menentukan jumlah barang yang harus disediakan sebagai stock barang digudang, sehingga sewaktu-waktu terjadi peningkatan permintaan, perusahaan tidak akan mengalami “zero inventory” yang berakibat kerugian bagi perusahaan karena hilangnya kepercayaan dari konsumen.

1.2              Perumusan Masalah
Fokus utama pada saat pelaksanaan praktek kerja pada PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK adalah perumusan masalah mengenai bagaimana pengaruh permintaan konsumen terhadap hasil produksi dan agar kepercayaan konsumen tetap terjaga dengan menerapkan metode tingkat produksi rata-rata.

1.3              Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dalam praktek kerja ini adalah untuk mengetahui pencapaian jumlah permintaan konsumen setelah diterapkannya metode tingkat produksi rata-rata.

1.4              Batasan Penelitian
Untuk menghindari prnyimpangan dalam penelitian, maka dibuat batasan penelitian sebagai berikut :

  1. Penelitian kerja praktek langsung dilakukan di PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK
  2. Data yang dipakai dalam penelitian adalah data periode tahun yang sedang berjalan.
  3. Metode yang diterapkan hanya metode tingkat produksi rata-rata
  4. Penelitian hanya dilakukan pada stock hasil produksi perusahaan.

Komentar

Postingan Populer